Baru Bekerja? Ini Dia Cara Atur Keuangan dengan Baik

Baru Bekerja? Ini Dia Cara Atur Keuangan dengan Baik

 

Bekerja serta sudah memiliki penghasilan setiap bulannya, mungkin Anda sangat bersemangat untuk mewujudkan berbagai macam mimpi yang mungkin belum bisa diwujudkan saat masih berada di bangku kuliah contohnya seperti berlibur ke berbagai tempat, membeli barang branded dan yang lainnya.

 

Semua dapat diwujudkan dengan gaji bulanan. Sudah pasti dengan asumsi gaji yang Anda terima memang mencukupi. Kenyataannya, saat awal bekerja, malah sering terjadi masalah keuangan, apalagi mereka yang terlalu bersemangat menggunakan gaji untuk hal yang tak penting. Seberapa besar gaji akan tetap dibutuhkan pengelolaan yang baik. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar gaji tetap cukup ketika masa awal bekerja.

 

Rencanakan Pengeluaran Bulanan dengan Baik

 

Keuangan memerlukan perencanaan yang benar-benar matang dari awal. Oleh sebab itu penting bagi Anda mempunyai budget yang cerdas. Luangkan waktu untuk membuat sebuah budget bulanan agar dapat menyusun dengan selektif mungkin. Jangan lupa memasukkan semua pos pengeluaran. Sesuaikan jumlah pengeluaran dengan gaji yang Anda terima sekarang. Upayakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat pokok terlebih dahulu.

 

Jangan Lupa Dana Tabungan

 

Prioritaskan untuk mempunyai dana tabungan tetap setiap bulan, pisahkan dana ini saat gaji Anda cair. Anda bisa membuka sebuah rekening berbeda yang dikhususkan untuk tabungan. Menabung dengan teratur bisa membuat kita lebih mudah mencapai tujuan keuangan.

 

Dana Investasi

 

Tak hanya tabungan, dana investasi juga tak boleh dilupakan. Tidak ada salahnya tertib menjalankan tujuan keuangan dari awal bekerja. Apalagi jika gaji masih memungkinkan untuk hal tersebut. Lakukan investasi dengan menyisihkan sebagian gaji di masa awal bekerja. Karena semakin cepat Anda berinvestasi, akan semakin dekat juga tujuan keuangan Anda tercapai. Tak perlu mengalokasikan dana investasi dalam jumlah besar, cukup 10% dari gaji Anda.

 

30% Untuk Kebutuhan Pribadi

 

Walaupun sudah bekerja, bukan berarti Anda tak bisa bersenang-senang serta melakukan hal-hal yang Anda suka. Jangan pelit pada diri sendiri karena Anda juga memerlukan hiburan. Pisahkan dana khusus untuk hobi dan hal menyenangkan. Tetapi, Anda juga harus bijak untuk menentukan jumlahnya. Sisihkan 30% untuk kesenangan pribadi.

Sumber : Hashtagoption

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *